Jawaban 8 Pertanyaan (Presentasi Kelompok 1 Bab 2 dan 3)

1. Menurut pendapat saudara, seberapa besar pengaruh teknologi terhadap saluran distribusi suatu produk? Serta bagaimana cara untuk mengatasi dampak-dampak negatif dari saluran distribusi melalui IT? Shinta Setiadevi

Teknologi dapat membantu distribusi produk mulai dari proses komunikasi produk ke publik (promosi dan iklan) misal dengan media TV, billboard, e-commerce; pemesanan misal pemesanan online, pesanan langsung antar melalui telp (delivery order); pembayaran misal melalui ATM atau e-banking; hingga proses pengiriman produk misal dengan pesawat. Dampak negatif yang ditimbulkan adalah efek samping dari penggunaan teknologi tersebut karena faktor lemahnya sistem pengamanan dan faktor individu, misal penipuan via telepone atas nama sebuah perusahaan atau produk tertentu, atau pembobolan rekening via internet, dll. Cara mengatasi dampak-dampak tersebut dibagi menjadi 3 ranah: pertama, faktor individu pelanggan harus waspada terhadap informasi-informasi yang mengatasnamakan perusahaan tertentu karena biasanya yang paling dirugikan adalah pelanggan; kedua, faktor perusahaan harus membuat sistem pengendalian dan pengamanan secara terpadu yang menjaga keamanan bisnis perusahaan dan juga menjaga keamanan keuangan pelanggan; ketiga, faktor penegakan hukum yag tegas dan memberi efek jera. Domain ini adalah wilayah dari sistem peradilan dan persanksian yang menjadi tanggung jawab negara.

2. Apakah low cost leader pricing bisa bertahan lama? apa alasanya? Strategi apa mereka menempatkan pada posisi lower cost leader? Diah Arum Savitri

Pelaku lower cost leader pricing bisa bertahan lama jika dia mampu memanage pengelolaan biaya dan pencapaian profit mereka serta keberlangsungan usahanya dengan baik. Strategi lower cost leader adalah dengan meminimalisir munculnya biaya dan memastikan perputaran penjualan berjalan dengan lancar.

3. Menurut kel 1, untuk produk-produk pertanian sebaiknya menggunakan penetapan harga berbasis pasar atau berbasis biaya? Tantri Wijayanti

Produk-produk pertanian ada yang tergolong primary goods (produk kebutuhan primer) dan ada yang secondary goods (produk kebutuhan sekunder). Produk pertanian kateori primary goods adalah produk yang inelastis, yang mana permintaannya tidak rentan oleh perubahan harga. Artinya ia tetap diminta meski harga naik, bahkan ketika harga turun permintaannya tidak melonjak. Problem yang dihadapi dalam primary goods adalah biaya produksi yang tinggi namun kadang dihadapkan pada gagal panen, lalu biaya bahan baku yang tinggi, dll. Maka penetapan harga yang tepat untuk produk pertanian kategori primary goods adalah penetapan harga berbasis biaya. Sementara produk pertanian kategori secondary goods sama halnya produk-produk lainnya adalah produk elastis dan bersaing di pasaran. Karenanya strategi penetapan harga yang sesuai dengan produk pertanian kategori secodary goods adalah berbasis pasar.

4. Seperti yang kita ketahui daerah-daerah terluar Indonesia seperti Kalteng bagian utara(berbatasan dengan Malaysia), sulit sekali mendapatkan produk-produk dalam negeri. Mereka cenderung membeli produk dari Malaysia karena mudah didapat. Permasalahan ini tentunya sangat berkaitan dengan saluran distribusi produk kita yang tidak sampai ke daerah tersebut. Strategi apa yang cocok untuk mengatasi permasalahan bangsa seperti ini? Adetiya Prananda Putra

Untuk permasalah seperti ini, memang tidak bisa dipungkiri bahwasanya kejadian seperti ini banyak terjadi di Kalimantan. Hanya saja, jika mengacu pada bagaimana pemecahan permasalahan dari semua peristiwa ini, secara gambling produsen akan berpikir 2 kali untuk mendistribusikan barang-barang mereka. Hal ini dikarenakan biaya transportasi yang sedemikia mahal. Ini disebabkan tidak lain adalah masalah transportasi di Indonesia yag sejak dahulu tidak diperhatikan. Padahal untuk menjadi Negara yang maju, sebuah Negara harus bisa menyupport segala bentuk sektor kehidupan salah satunya perdagangan dengan fasilitas jalannya. Oleh karena itu, untuk saat ini langkah terbaik adalah menunggu niatan baik dari Negara Indonesia untuk memperbaiki jalan ke daerah-daerah perbatasan agar mereka merasakan produk dalam negeri bukan tetangga.

5. Seringkali dalam sebuah saluran distribusi terutama produk pertanian, terdapat rent seeker activities. Menurut anda apa kelebihan dan kekurangan dari adanya RSA? Ardito Atmaka Aji

Kelebihan adanya RSA adalah membantu para petani memasarkan produknya. Karena selama ini yg menjadi problem yang dihadapi petani adalah problem pemasaran. Sementara kekurangan adanya RSA adalah memperpanjang rantai distribusi yang mengakibatkan tingginya harga yang jatuh pada end user dan kecilnya margin bagi petani.

6. Faktor apa saja yg digunakan sbg pertimbangan dalam menentukan harga pasar?? jelaskan!! Dyah Kusuma Wardani

harga pasar adal harga yang didasarkan pada kondisi pasar. Maka faktor-faktor yg harus dipertimbangkan adalah daya beli konsumen, kesediaan konsumen membayar (reservation cost), dan harga pesaing.

7. Apakah perusahaan provider telekomunikasi merugi dengan adanya perang harga? Mohamad Ilham Hilal

Perang harga tidak merugikan provider telekomunikasi selama ia meraih penjualan yang tinggi yang mampu meminimalkan biaya produksi per unit atau memaksimalkan margin, dan ia juga memastikan perputaran penjualan berjalan dengan cepat.

8. missal kita mengelola suatu perusahaan yang bergerak di bidang manufacture untuk dapat bersaing dengan perusahaan lainnya tentunya kita harus menetapkan harga bersaing bagi konsumen. Disatu sisi penetapan harga yang dilakukan hanya akan memberikan titik impas bagi perusahaan, strategi apa yang dilakukan oleh perusahaan kita agar tetap bertahan? Sari Wiji Utami

penetapan harga bersaing menimbulkan dilemma BEP jika margin yang diterima produsen sangat kecil. Untuk menanggulanginya dapat ditempuh dengan 2 cara:

–          meminimalisir sisi biaya agar margin menjadi besar

–          meningkatkan economic of scale atau volume penjualan yang menuntut adanya peningkatan volume produksi sehingga biaya produksi per unit menjadi lebih kecil

Iklan
Categories: Manajemen Pemasaran | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: